ANALISIS PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PADA POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SURABAYA

https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.14

Authors

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Kompetensi Lulusan

Abstract

Sebagai Perguruan Tinggi vokasi yaitu pendidikan tinggi program diploma yang mernpersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan ilmu pelayaran maksimal setara dengan program Sarjana. Dalam rnenjalankan preses pendidikan tentunya iinstitusi berharap bahwa kualitas lulusan dapat bersaing di dalam maupun diluar negeri dan juga di tun tut senantiasa meningkatkan diri serta kinerja guna meningkatkan mutu lulusan melalui penyelenggaraan pendidikan yang lebih berorientasi pada upaya penciptaan lulusan yang unggul dibidang keahliannya masing masing.

Penelitian   ini  bertujuan  untuk  mendiskripsikan  dan  menganalisa  kualitas  pembelajaran   pada  Poltekpel Surabaya,  untuk  mendiskripsikan  dan menganalisa  faktor faktor apa yang mempengaruhi Kualitas Pembelajaran, untuk mendiskripsikan dan menganalisa  kompetensi  lulusan  pada  Poltekpel Surabaya dan untuk  mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas pembelajaran terhadap kompetensi lulusan pada Poltekpel Surabaya.

Penelitian  ini menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif dan korelasi,  yang akan rnenggambarkan secara  sistematis kualitas  pembelajaran terhadap kompetensi lulusan. Populasi   dalam   penelitian  ini  adalah   adalah   Dosen,  para   lulusan  dan  beberapa perusahaan  yang   menggunakan  lulusan dari Poltekpel  Surabaya.Sampel  penelitian terdiri  54  responden.  Teknik   analisis  yang  digunakan   dalam  penelitian  ini  adalah kombinasi  analisis  kuantitatif dan kualitatif.  Analisis  kuantitatif digunakan pada  data basil pengukuran dengan menggunakan angka-angka, sedangkan analisis kualitatif digunakan pada data yang tidak dapat diukur dengan angka-angka, dengan cara mendeskripsikan.  Teknik   analisis   yang   digunakan  untuk   menganalisis  data  pada penelitian  ini terdiri  dari Analisis  statistik deskriptif dan Analisis  statistik inferensial, digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu analisis regresi linier dengan menggunakan Software SPSS 17.00.

Hasil dari penelitian  ini menunjukkan bahwa Kualitas pembelajaran dilihat dari aspek  Kompotensi Paedagogfik Dosen, Kompotensi Profesional Dosen, Kompotensi Kepribadian Dosen,  Kompotensi Sosial Dosen, Penyelenggara diperoleh  hasil rata rata 3.68 pada katagori  baik sekali  dan baik, Faktor  faktor  yang paling berpengaruh atau paling dominan  dalam membentuk kompetensi lulusan adalah  Kompetensi  Pedagogik dosen sebesar 0,65 dan diikuti oleh kompetensi  professional dosen sebesar 0,411,  kompetensi sosial   dosen  sebesar   0,37. Selain   dari   kompetensi  dosen   Penilaian  diri  serta penyelenggara juga   memiliki   pengaruh  yang   besar   terhadap  kompetensi    lulusan. Sedangkan   untuk   kompetensi  kepribadian  dosen,  memiliki  pengaruh   yang   kecil, Kompetensi lulusan Poltekpel  Surabaya dilihat dari aspek Kompotensi  Individual, Kompotensi  Organisasi,   Pengetahuan,  Sikap,  Keterampilan,  bemilai   rata  rata  3.16 dengan  skala  3  yang dapat dikatagorikan dengan  nilai  Baik, dan  ada  pengaruh  yang cukup signifikan antara kualitas pernbelajaran terhadap kompetensi  luiusan. Hal ini ditunjukkan  dengan  pengaruh  sebesar  0.488  atau 48.8 persen,  dengan  signifikan  P =0,000  dan keeratan  hubungan   sebesar 0.233  atau 23.3  persen.  Hal  ini  menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi  lulusan disebabkan  oleh kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

28-10-2016

How to Cite

Wahyuni, A. A. I. S., & Iskandar, I. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PADA POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SURABAYA. Jurnal 7 Samudra, 1(1), 32–44. https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.14

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.