ANALISIS PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PADA POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SURABAYA
Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Kompetensi LulusanAbstract
Sebagai Perguruan Tinggi vokasi yaitu pendidikan tinggi program diploma yang mernpersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan ilmu pelayaran maksimal setara dengan program Sarjana. Dalam rnenjalankan preses pendidikan tentunya iinstitusi berharap bahwa kualitas lulusan dapat bersaing di dalam maupun diluar negeri dan juga di tun tut senantiasa meningkatkan diri serta kinerja guna meningkatkan mutu lulusan melalui penyelenggaraan pendidikan yang lebih berorientasi pada upaya penciptaan lulusan yang unggul dibidang keahliannya masing masing.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa kualitas pembelajaran pada Poltekpel Surabaya, untuk mendiskripsikan dan menganalisa faktor faktor apa yang mempengaruhi Kualitas Pembelajaran, untuk mendiskripsikan dan menganalisa kompetensi lulusan pada Poltekpel Surabaya dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas pembelajaran terhadap kompetensi lulusan pada Poltekpel Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif dan korelasi, yang akan rnenggambarkan secara sistematis kualitas pembelajaran terhadap kompetensi lulusan. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah Dosen, para lulusan dan beberapa perusahaan yang menggunakan lulusan dari Poltekpel Surabaya.Sampel penelitian terdiri 54 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan pada data basil pengukuran dengan menggunakan angka-angka, sedangkan analisis kualitatif digunakan pada data yang tidak dapat diukur dengan angka-angka, dengan cara mendeskripsikan. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini terdiri dari Analisis statistik deskriptif dan Analisis statistik inferensial, digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu analisis regresi linier dengan menggunakan Software SPSS 17.00.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pembelajaran dilihat dari aspek Kompotensi Paedagogfik Dosen, Kompotensi Profesional Dosen, Kompotensi Kepribadian Dosen, Kompotensi Sosial Dosen, Penyelenggara diperoleh hasil rata rata 3.68 pada katagori baik sekali dan baik, Faktor faktor yang paling berpengaruh atau paling dominan dalam membentuk kompetensi lulusan adalah Kompetensi Pedagogik dosen sebesar 0,65 dan diikuti oleh kompetensi professional dosen sebesar 0,411, kompetensi sosial dosen sebesar 0,37. Selain dari kompetensi dosen Penilaian diri serta penyelenggara juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kompetensi lulusan. Sedangkan untuk kompetensi kepribadian dosen, memiliki pengaruh yang kecil, Kompetensi lulusan Poltekpel Surabaya dilihat dari aspek Kompotensi Individual, Kompotensi Organisasi, Pengetahuan, Sikap, Keterampilan, bemilai rata rata 3.16 dengan skala 3 yang dapat dikatagorikan dengan nilai Baik, dan ada pengaruh yang cukup signifikan antara kualitas pernbelajaran terhadap kompetensi luiusan. Hal ini ditunjukkan dengan pengaruh sebesar 0.488 atau 48.8 persen, dengan signifikan P =0,000 dan keeratan hubungan sebesar 0.233 atau 23.3 persen. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi lulusan disebabkan oleh kualitas pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2016 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.