EVALUASI PERAN LABORATORIUM SIMULATOR NAVIGASI JURUSAN NAUTIKA TERHADAP KOMPETENSI TARUNA TINGKAT I
Abstract
Kebutuhan akan peralatan pendidikan khususnya simulator untuk menunjang tercapainya kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik baik peserta Diklat Keterampilan maupun Taruna/Taruni di Politeknik Pelayaran Surabaya. Seiring dengan kebutuhan tersebut, maka harus diiringi pula dengan peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan (diklat) kepelautan Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peran simulator navigasi jurusan nautika dalam pembelajaran di Politeknik Pelayaran Surabaya serta untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaaan simulator dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan taruna pada fungsi navigasi. Untuk mengetahui hal tersebut digunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan teknik penmpulan data primer berupa nilai hasil ujian taruna tingkat I. Data yang diperoleh akan diolah dengan metode deskripsi variabel dengan penyajian nilai-nilai statistiguk yang kemudian ditarik beberapa kesimpulan penelitian. Dari hasil penyajian data didapatkan nilai rata-rata praktek secara statistik pada semester 1 mengalami peningkatan di semester 2. Begitupun pada nilai minimum dan nilai maksimum. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa lembaga pendidikan vokasi dalam hal ini politeknik Pelayaran Surabaya dapat dikatakan berhasil dalam menambah dan meningkatkan kompetensi taruna di periode pembelajaran awal yaitu pada Tingkat I dengan peran simulator sebagai salah satu sarana pembelajaran praktek pada fungsi navigasi.
Kata Kunci : Simulator, Kompetensi, Navigasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.