PEMETAAN KOMPETENSI DAN KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIK POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.19

Authors

Abstract

Perkembangan teknologi,  komunikasi  dan  informasi  yang pesat perlu diikuti oleh peningkatan  kualifikasi  dan kompetensi tenaga  pendidik. Penelitian ini dilakukan dengan  tujuan mendapatkan deskripsi  tentang peran kornpetensi dan kualifikasi  tenaga pendidik Politeknik Pelayaran Surabaya dan  mengetahui tingkat kesenjangan  kompetensi dengan standar keburuhan  Peta  kompetensi dan  kualifikasi tenaga pendidik didapatkan melalui analisis cluster. Berdasarkan analisiscluster  metode  hirarki,  diperoleh 4 kelompok dimana karakteristik anggota dibedakan menurut latar belakang pendidikan, usia, masa kerja,  tingkat   sertifikasi keahlian  pelaut  serta  jabatan  fungsional  dosen. Kelompok 2 merupakan cluster  dengan  persentase jumlah tenaga  pendidik terbanyak, dimana karakteristik yang  dimiliki  yaitu  usia  33  sampai  dengan 42 tahun,  masa kerja antara 5  sampai dengan 6 tahun, memiliki  latar  belakang  pendidikan pelaut dengan tingkat  sertifikat keahlian ATT-II,  ANT-I  dan  ANT-II,  serta  belum  memiliki jabatan fungsional dosen. Tingkat kesesuaian kompetensi tenaga  pendidik yang  diukur  melalui analisis kesenjangan (gap) menunjuk.kan bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mendapatkan nilai persepsi yang termasuk  dalam  kategori "cukup", sedangkan kompetensi sosial  dan kepribadian mendapatkan nilai yang termasuk dalam kategori "baik"

Downloads

Download data is not yet available.

Published

28-10-2016

How to Cite

Nofandi, F., & Rahmawati, M. (2016). PEMETAAN KOMPETENSI DAN KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIK POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA. Jurnal 7 Samudra, 1(1). https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.19

Issue

Section

Artikel (Bahasa Indonesia)