ANALISIS PERSEPSI INDUSTRI PELAYARAN TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM DIKLAT ELECTRO TECHNICAL OFFICER DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA STUDI EMPIRIS DI PT . PELNI (PERSERO)

https://doi.org/10.54992/7samudra.v4i2.68

Authors

Keywords:

ETO, Kompetensi, Fungsi

Abstract

Dalam pelaksanaan penelitian ini tujuan yang akan dicapai adalah mendapatkan data empiris tentang persepsi industri pelayaran nasional dalam hal ini PT. Pelni sebagai pengguna lulusan diklat ETO angkatan I terhadap kompetensi diklat Electro Technical Officer (ETO). Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Dalam penelitian ini variabel yang akan diteliti adalah persepsi konsumen tentang variabel kompetensi lulusan Diklat Electro Technical Officer (ETO). Variabel ini terdiri dari lima subvariabel: a). Fungsi I yaitu kelistrikan, elektronika dan teknik kontrol ada level pelaksana (electrical, electronic and control engineering at the operation level) b. Fungsi II yaitu perawatan dan perbaikan pada level pelaksana (maintainance and repair at the operation level) c. Fungsi III yaitu pengendalian kapal dan kepedulian terhdap personel yang ada di kapal (Controlling the Operation of the Ship and Care for Persons on Board at the Operational Level. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh rata-rata perhitungan fungsi I memperoleh nilai 20,27 yang termasuk klasifikasi baik. Fungsi II memperoleh rata-rata 14,80 yang termasuk klasifikasi baik. Fungsi III memperoleh rata-rata 17.80 yang termasuk klasifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa persepsi Industri Pelayaran Nasional Terhadap Kompetensi Diklat Electro Technical Officer (ETO) angkatan I dalam fungsi I, II, dan III dinyatakan baik dan patut untuk diteruskan serta dikembangkan lagi kompetensi diklatnya supaya semua fungsi dapat memperoleh klasifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwasannya lulusan Electro Technical Officer dinyatakan baik dalam mengemban tugas diatas kapal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

08-11-2019

How to Cite

Rumambi, C., Hariyono, Irfan, S. ., & Fitriani, R. . (2019). ANALISIS PERSEPSI INDUSTRI PELAYARAN TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM DIKLAT ELECTRO TECHNICAL OFFICER DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA STUDI EMPIRIS DI PT . PELNI (PERSERO). Jurnal 7 Samudra, 4(2). https://doi.org/10.54992/7samudra.v4i2.68

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.