ANALISA RESIKO KECELAKAAN PADA PRAKTEK PEMADAM KEBAKARAN DIKLAT BST DAN AFF DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.13

Authors

  • Iskandar Iskandar
  • Daviq Wiratno Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Dwi Haryanto Politeknik Pelayaran Surabaya

Keywords:

resiko kecelakaan, praktekBST dan AFF, hazard, Hazop worksheet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi tentang: (1) Mendiskripsikan resiko resiko kecelakaan pada kegiatan praktek latihan pemadaman kebakaran di Politeknik Pelayaran Surabaya. (2) Memberi gambaran besamya resiko kecelakaan yang terjadi pada kegiatan praktek pemadaman kebakaran di Politeknik Pelayaran Surabaya.

Dengan melakukan pengamatan secara langsung pada proses pelaksanaan praktek BST dan AFF di Politeknik Pelayaran Surabaya dapat dipetakan menjadi bebarapa jenis hazard yaitu : sikap pekerja, peralatan praktek, kondisi lingkungan kerja, instalasi  pompa, smoke and dark chamber. Dari 5 jenis hazard selanjutnya dianalisis menggunakan hazop worksheet untuk menjabarkan lebih detail mengenai penyim­pangan - penyimpangan yang mungkin terjadi serta melakukan analisis penyebab dari penyimpangan tersebut yang kemudian akan diketahui tindakan apa yang baik dan cocok untuk mengatasi penyimpangan-penyimpangan yang dapat menimbulkan kecelakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

28-10-2016

How to Cite

Iskandar, I., Wiratno, D., & Haryanto, D. (2016). ANALISA RESIKO KECELAKAAN PADA PRAKTEK PEMADAM KEBAKARAN DIKLAT BST DAN AFF DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA. Jurnal 7 Samudra, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.13

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.