ANALISIS KEBUTUHAN (NEED ANALYSIS) UNTUK PENYUSUNAN SILABUS BAHASA INGGRIS PADA JURUSAN KETATALAKSANAAN ANGKUTAN LAUT DAN KEPELABUHANAN

https://doi.org/10.54992/7samudra.v2i1.6

Authors

Keywords:

Analisis kebutuhan, ESP, English for Port and Shipping, Silabus, Keterampilan membaca

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim dimana area lautnya sangat ramai dengan kegiatan perekonomian tingkat nasional dan internasional harus didukung dengan sarana pelabuhan beserta petugas yang terampil di bidangnya. Dari segi pelayanan kepada pengguna pelabuhan, selain fasilitas - fasilitas fisik dari pelabuhan, kemampuan dan kecakapan petugas pelabuhan terutama dalam hal berkomunikasi menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris sangatlah diperlukan. Maka sejak awal pendidikan pada ketatalaksanaan laut dan kepelabuhanan diperlukan pengajaran bahasa Inggris berdasarkan silabus yang akan memberikan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang kelak akan digunakan di lingkungan pelabuhan. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kebutuhan mata kuliah bahasa Inggris (English for Port and Shipping) dan bagaimana penyusunan materi ke dalam silabus bahasa Inggris.

Penelitian ini akan menggunakan langkah-langkah perancangan silabus yaitu melakukan analisis kebutuhan bahasa Inggris yang seperti apa yang diinginkan oleh pengguna jasa dalam hal ini adalah perusahaan pelayaran atau perwira kapal yang sering menggunakan jasa pelabuhan dengan cara menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh tersebut dianalisis guna merumuskan tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. Jenis silabus yang digunakan adalah silabus berbasis keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan hal utama yang dilakukan taruna selama masa pendidikan.

 Silabus bahasa Inggris (English for Port and Shipping)   untuk pemahaman membaca (reading comprehension) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan taruna dan bermanfaat bagi kegiatan belajar mengajar di jurusan ketatatalaksanaan angkutan laut dan kepelabuhanan. 

Adapun topik-topik teks atau bacaan adalah Accident at Sea, Types of Merchant Ship, Different types of cargo, Marine Insurance dan Shipping Procedure dengan keterampilan membaca menggunakan judul untuk memahami gagasan utama paragraf, melakukan skimming, menjawab pertanyaan melalui scanning, memprediksi isi teks berdasarkan judul teks, meningkatkan kecepatan membaca (reading speed), memprediksi makna teks, membedakan informasi penting dan tidak penting serta menarik kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-10-2017

How to Cite

Ratnaningsih, D., Johanda, I. A., & Wulansari, R. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN (NEED ANALYSIS) UNTUK PENYUSUNAN SILABUS BAHASA INGGRIS PADA JURUSAN KETATALAKSANAAN ANGKUTAN LAUT DAN KEPELABUHANAN. Jurnal 7 Samudra, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.54992/7samudra.v2i1.6

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.