PENGGUNAAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMAHAMAAN MENDENGARKAN BAHASA INGGRIS MARITIM

https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.21

Authors

Keywords:

Pemahaman mendengarkan, Strategi mendengarkan metakognitif, Bahasa Inggris maritim

Abstract

Para pelaut  terutama perwira kapal perlu untuk memiliki pemahaman mendengarkan yang  baik supaya mampu  untuk  memahami  berita atau pertanyaan yang  diterima baik secara langsung atau bertatap muka maupun tidak langsung seperti misalnya berkomunikasi  melalui radio,  telepon, dan sebagainya sehingga mereka dapat memberikan respon atau jawaban yang  cepat dan tepat untuk meminimalkan resiko kecelakaan di laut akibat kesalahpahaman berkomunikasi  dalam  bahasa  Inggris.  Para  taruna  semester  II ( dua) jurusan  nautika yang sedang dididik  untuk  menjadi  perwira kapal  di Politeknik Pelayaran Surabaya menjadi populasi dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis  strategi  mendengarkan metakognitif pada pembelajaran bahasa Inggris maritim dan  apakah  ada  hubungannya antara  strategi  mendengarkan metakognitif dengan pemahaman mendengarkan bahasa  Inggris maritime mereka.

Penelitian  ini  menggunakan dua  variabel, yaitu:  angket  penggunaan strategi  mendengarkan metakognitif adalah  variabel bebas,dan hasil  dari  tes  pemahaman mendengarkan adalah  variabel terikat. Data  diperoleh setelah taruna mengerjakan tes mendengarkan dalam  bahasa Inggris  maritim. Setelah iru mereka diminta untuk  menjawab pertanyaan  dari  angket  atau  kuesioner  tentang  strategi   rnetakognitif  yang   mereka gunakan pada saat tes mendengarkan. Kemudian data Dianalisis dengan  menggunakan analisis regresi-korelasi, yaitu  untuk  mencari hubungan fungsional antara variabel dan untuk menentukan derajat korelasi antara kedua variabel tersebut.

Kesimpulan yang  dapat  diambil  dari hasil penelitian dan pembahasan data penelitian adalah  jenis strategi metakognitif yang  digunakan taruna  pada   saat  mengerjakan tes mendengarkan bahasa Inggris  Maritim adalah sernua jenis strategi dalam  metakognitif antara  lain perencanaan dan  evaluasi, pemusatan perhatian, pengetahuan pribadi, cara menerjemahkan  serta   penyelesaian  masalah.  Sedangkan jenis  strategi metakognitif yang  paling dominan digunakan  adalah  perencanaan dan  evaluasi serta  pengetahuan pribadi. Kesimpulan akhir  yaitu  tcrdapat korelasi antara  strategi metakognitif dengan pemahaman mendengarkan dalam  bahasa  Inggris  maritim oleh  para  taruna  meskipun hanya   dua  variabel yang  dorninan yaitu perencanaan dan  evaluasi serta pengetahuan pribadi.  Dari  hasil  penelitian  ini  dapat   diuyatakan bahwa keberhasilan  pemahaman mendengarkan dalam  bahasa  Inggris maritim berhubungan dengan strategi metakognitif yang   digunakan  oleh  para   taruna  meskipun  hanya  ada   beberapa jenis  strategi metakognitif yang dominan yaitu perencanaan dan evaluasi serta pengetahuan pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

28-10-2016

How to Cite

Ratnaningsih, D., & Gunarti, M. R. (2016). PENGGUNAAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMAHAMAAN MENDENGARKAN BAHASA INGGRIS MARITIM. Jurnal 7 Samudra, 1(1), xx. https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.21

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.