PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HYPNO QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLTEKPEL SURABAYA

https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.12

Authors

Keywords:

strategi pembelajaran, hypnoquantum teaching, motivasi belajar

Abstract

Peran dosen dalam membangkitkan motivasi belajar taruna sangat diperlukan dan
menjadi kunci penting berhasilnya proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu
diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menjadikan taruna lebih aktif, kreatif dan
merangsang munculnya life skills, serta menciptakan suasana belajar yang menye­
nangkan (joyfull learning). Peneliti mempunyai ketertarikan untuk memadukan unsur
hypnosis dan metode quantum teaching dalam proses pembelajaran sehingga menjadi
suatu formula metode baru hypno quantum teaching. Bila dengan quantum teaching,
proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan menyenangkan ijoyfuli learning)
maka dengan hypnosis diharapkan ada modifikasi perilaku sehingga terbentuk perilaku
baru yang sesuai dengan harapan dosen. 

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang didesain untuk
dapat mengendalikan secara ketat variabel-variabel ekstra yang tidak berhubungan
dengan variabel yang sedang diamati. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah taruna
Poltekpel Surabaya dengan menggunakan teknik analisis quota sampling dan teknik
analisis data dengan menggunakan model aplikasi statistik SPSS versi 21. 0 yaitu dengan
analisis paired samples Tnest.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dalam eksperimen dapat
meningkatkan kemampuan belajar subyek. Dengan meningkatnya kemampuan belajar
subyek mengindikasikan bahwa motivasi belajar subyek meningkat. Hipotesis diterima
dengan didasarkan pada basil t = 2, 17 5 dengan signifikansi 0,045 yang berarti signifikan.
Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode hypno quantum
teachingterhadap motivasi belajar mahasiswa. Penggunaan strategi pembelajaran hypno
quantum teaching cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, khususnya
penerapannya kepada taruna.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

28-10-2016

How to Cite

H, S. M., Suparman, J., & Rumambi, C. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HYPNO QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLTEKPEL SURABAYA. Jurnal 7 Samudra, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.54992/7samudra.v1i1.12

Issue

Section

Artikel (Bahasa Indonesia)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.