PENGGUNAAN SIMULATOR DALAM PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN CIRCUIT BREAKER POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

https://doi.org/10.54992/7samudra.v3i2.40

Authors

Abstract

Saat ini kegiatan belajar tidak dapat dilepaskan dari kemajuan ilmu pengetahuan danteknologi, karena ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan fasilitas yang cukup memadai bagi proses belajar. Salah satu proses pembelajaran yang tidak dapat lepas dari teknologi adalah berupa pembelajaran berbasis CBT (Computer Based Training). Pembelajaran yang dilaksanakan di Politeknik Pelayaran Surabaya belum menggunakan laboratorium secara optimal, terutama pada materi tegangan tinggi. Peserta didik cenderung menggunakan buku paket yang bersifat informatif sehingga peserta didik belum mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya secara konstruktivistik. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat modul untuk skenario pembelajaran mandiri pada simulator. Subyek dan sumber data penelitiandalam pengembangan perangkat ini berupa modul dengan skenario High Voltage Circuit breaker. Subyek dan sumber data penelitian dalam implementasi di simulator adalah Taruna Diploma III jurusan ETO Tahun Ajaran 2017 Politeknik Pelayaran Surabaya. Dari penelitian ini didapatkan bahwa pengembangan skenario pembelajaran mandiri dengan menggunakanlaboratorium high voltage dapat disusun sebuah contoh rencana pembelajaran beserta kelengkapannya yaitu buku siswa dan lembar kerja siswa. Modul ini akan lebih baik dan sempurna apabila ditambahkan materi lain yang berkaitan dengan langkah-langkah yang telah disusun dalam modul

Downloads

Download data is not yet available.

Published

23-11-2018

How to Cite

Santoso, A. D., & Nugroho, A. (2018). PENGGUNAAN SIMULATOR DALAM PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN CIRCUIT BREAKER POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA. Jurnal 7 Samudra, 3(2), 83–94. https://doi.org/10.54992/7samudra.v3i2.40