ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM DIPLOMA III TEKNIKA DI POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
Keywords:
kesiapan, implementasi, Kurikulum diploma III teknikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dosen mata kuliah diploma III Teknika dilihat dari segi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah dosen mata kuliah diploma III teknika.. Pengumpulan data menggunakan multi-metode yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan kesimpulan dari data hasil ketiga metode dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Penerapan kurikulum diploma III teknika pada pembelajaran produktif teknika dapat diketahui melalui masing-masing variabel, yaitu kesiapan dosen termasuk dalam kategori kurang baik, perencanaan pembelajaran dalam kategori kurang baik, pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik, dan penilaian hasil belajar dalam kategori kurang baik. (2). Tidak ada perbedaan signifikan dalam pelaksanaan kurikulum di Poltekpel Surabaya dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini didasarkan pada hasil analisis paired sample t test yaitu harga t untuk indikator siswa sebesar 88,538 dan untuk indikator guru sebesar 103,32. (3). Usaha yang dilakukan dosen untuk mengatasi hambatan- hambatan dalam penerapan kurikulum diploma III Teknika yaitu dengan menggunakan metode mengajar variatif, dosen membuat modul dan menambah refrensi bahan ajar, memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang memadai
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2019 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.