PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI MAIN ENGINE BERBASIS FLASH TERHADAP KEMAMPUAN TARUNA POLTEKPEL SURABAYA

https://doi.org/10.54992/7samudra.v3i1.32

Authors

  • Ari Yudha Lusiandri Program Studi Teknika, Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Mas Zaenal Rakhman Program Studi Teknika, Politeknik Pelayaran Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan simulasi mesin penggerak utama berbasis Flash berpengaruh positif terhadap kemampuan taruna Politeknik Pelayaran Surabaya dan (2) mendapatkan perbedaan kemampuan taruna antara kelas yang menggunakan simulator berbasis Flash dengan kelas yang menggunakan real engine simulator, dan kelas yang menggunakan metode ceramah Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan media berbasis flash dengan penggunaan engine simulator dalam mata kuliah mesin penggerak utama. Dalam hal ini yang diukur adalah kemampuan taruna untuk memahami system kerja dari mesin penggerak utama menggunakan media flash dibandingkan dengan kemampuan taruna dalam memahami mesin penggerak utama menggunakan engine
simulator.. Teknik Pengumpulan data (a). Angket kognitif, angket ini menggunakan sebuah angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan penggoperasian mesin penggerak
utama. Angket ini berbentuk pertanyaan objektif terdiri atas 15 soal dengan 5 pilihan jawaban untuk setiap soal. Angket ini ditujukan pada taruna sebagai penilaian setelah pembelajaran. (b) Angket afektif, angket ini menggunakan pertanyaan terstruktur yang ditujukan kepada taruna ketika melakukan tes unjuk kerja dalam mengoperasikan mesin penggerak utama. Penilaian ini dimulai dari awal kali atau persiapan memulai praktikum hingga akhir praktikum berupa kesimpulan yang taruna dapatkan setelah melalui proses pembelajaran. Bentuk penilaian angket ini berupa skor terendah hingga skor tertinggi dengan rentang 1 sampai dengan
5. (c) Angket Psikomotorik angket ini berupa penilaian unjuk kerja dari peneliti terhadap kemampuan taruna dari sisi psikomotorik. Penilaian ini dilakukan secara obyektif terhadap kemampuan taruna dalam mengoperasikan mesin penggerak utama. Berdasarkan penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan (1) penggunaan simulasi mesin penggerak utama berbasis Flash berpengaruh positif terhadap kemampuan taruna
Politeknik Pelayaran Surabaya. Hipotesis tersebut didukung dengan adanya data hasil uji kemampuan kognisi yang didapatkan dari post tes, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,7. (2) ada perbedaan kemampuan antara kelas yang menggunakan simulator Flash dengan kelas yang menggunakan real engine simulator, dan kelas yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dengan uji t atau uji beda dari hasil pos tes kemampuan kognisi taruna di masing-masing kelas. Berdasarkan nilai uji t, didapatkan sig 0,00 pada masing-masing.
kelas,

Downloads

Download data is not yet available.

Published

22-06-2018

How to Cite

Lusiandri, A. Y., & Rakhman, M. Z. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI MAIN ENGINE BERBASIS FLASH TERHADAP KEMAMPUAN TARUNA POLTEKPEL SURABAYA. Jurnal 7 Samudra, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.54992/7samudra.v3i1.32