PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL BAHASA INGGRIS UNTUK PERWIRA DEK POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
Keywords:
Aplikasi multimedia, tutorial, kompetensi, pembelajaranAbstract
Paradigma baru pembelajaran formal membawa konsekuensi pada perubahan peran dan fungsi pendidik dalam proses pembelajaran. Sebagai fasilitator pendidik harus mampu menciptakan proses belajar yang efekif. Proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen, seperti peserta diklat, pendidik, situasi belajar, materi pembelajaran, metode, dan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu pendidik memperkaya wawasan peserta diklat. Berbagai bentuk media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik akan menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi peserta diklat. Untuk itu pendidik harus terampil dan kreatif menggunakan serta mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Aplikasi Multimedia, khususnya Tutorial Bahasa Inggris untuk perwira dek. Pembelajaran ini seharusnya mendorong seluruh kemampuan untuk memahami keseluruhan sumber informasi dari CD-ROM untuk mengembangkan tutorial. Pembelajaran ini berpusat pada bagaimana peserta diklat dapat mengembangkan aplikasi tutorial bahasa inggris mengikuti perintah dalam CD-ROM. Setiap materi diberikan perintah bertahap untuk membuat tugas tertentu. Peserta diklat bisa mengikuti tutorial dari awal sampai akhir, atau hanya mengerjakan materi yang sesuai dengan keinginan dan motivasi. Setiap materi mencakup animasi, teks dan video yang menggambarkan pergerakan kursor dengan narasi dalam praktik bahasa inggris. Penelitian ini terdiri dari 7 tahapan seperti penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba pertama, dan revisi produk siap pakai. Pokok dari penelitian ini ialah komunikasi visual dan ahli komputer dalam uji coba awal peserta diklat di POLTEKPEL Surabaya sebagai implementasi dari revisi pertama. Informasi telah dianalisa menggunakan metode analisa deskriptif dan diterjemahkan dalam pernyataan berdasarkan temuan hasil penelitian. Berdasarkan dari informasi proses dan kompetensi produk diambil dari uji coba, 96,6% peserta diklat mampu dalam praktik aplikasi tutorial bahas inggris. Hasil menunjukkan bahwa peserta diklat mengalami peningkatan kemampuan untuk mempraktikkan aplikasi tutorial bahasa inggris dengan menggunakan perintah dari CD-ROM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.