EVALUASI TERHADAP KELENGKAPAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM DAN SIMULATOR NAUTIKA YANG DISEDIAKAN OLEH PENYEDIA JASA
Keywords:
Sarana dan prasarana, Laboratorium, Simulator NautikaAbstract
Kebutuhan akan peralatan pendidikan khususnya simulator untuk menunjang tercapainya kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik baik peserta Diklat Keterampilan maupun Taruna/Taruni di Politeknik Pelayaran Surabaya. Dalam hal ini instansi pendidikan harus mempunyai simulator sebagai sarana pembelajaran. Jika pelayanan serta sarana dan prasarana praktek tersebut terganggu, maka akan banyak berpengaruh pada tingkat keberhasilan dalam mencapai kompetensi. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi peran Simulator Nautika sebagai salah satu sarana pendidikan dan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik terhadap sarana dan prasarana simulator Nautika Item untuk mengukur faktor kemanfaatan (usefulness) dan Kemudahan Penggunaan (ease of use) diambil dari Davis F.D (1989). Sedangkan item untuk mengukur kepuasan pengguna sistem diambil dari Doll dan Torkzadeh (1988). Semua variabel tersebut diukur dengan berdasarkan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penilaian peserta didik di lingkungan Politeknik Pelayaran Surabaya terhadap sarana dan prasarana yang disediakan, yang dalam penelitian ini difokuskan pada Lab/ Simulator Nautika dari vendor Transas adalah “Sangat Baik” dengan prosentase akhir rata-rata sebesar 80.78%.Pada aspek pertanyaan tingkat kepuasan, didapatkan hasil prosentase akhir 80.71% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dari hasil ini tentu diharapkan dapat terus ditingkatkan sebagai tolak ukur kesempurnaan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pengguna sarana dan prasarana Lab/Simulator Nautika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.