PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PADA POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA MENGGUNAKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)
Abstract
Pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu pelayanan publik yang diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu alat ukur yang digunakan sebagai acuan bagi instansi pemerintah untuk mengetahui kualitas pelayanan yaitu Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui angka lndeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas pelayanan pendidikan dan pelatihan di Politeknik Pelayaran Surabaya, kriteria kualitas pelayanan serta faktor-faktor yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan perhitungan didapatkan hasil yaitu angka Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk Program Pembentukan sebesar 62,48, dengan predikat C dan kinerja termasuk dalam kategori kurang baik. Sedangkan, untuk Program Peningkatan dan Diklat Ketrampilan Khusus Pelaut merniliki angka Indeks Kepuasan Masyarakat masing-masing sebesar 72, 17 dan 70,66 dengan predikat B yang memiliki kinerja berkategori baik. Secara umum, faktor atau unsur yang perlu diperbaiki yaitu kecepatan pelayanan pada semua program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Politeknik Pelayaran Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2016 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.