ANALISIS KEBUTUHAN LAMPU SESUAI CLASS BKI DAN ABS PADA KAPAL LPD ( LANDING PLATFROM DOCK )

https://doi.org/10.54992/7samudra.v6i1.98

Authors

Abstract

Kapal LPD ( Landing Platfrom Dock ) adalah kapal yang berfungsi untuk keperluan militer. salah satu pembuat kapal LPD adalah PT. PAL INDONESIA (persero) di dalam membangun kapal terutama pada penentuan jumlah lampu di butuhkan akurasi yang baik dalam menentukanya lampu dalam hal ini PT. PAL INDONESIA (persero)

menentukan jumlah lampu menggunakan perhitungan secara manual. Maka untuk merencanakan penerangan dengan mudah dibuatlah program perhitungan lampu menggunakan bantuan program Visual Basic. Program ini dibuat menggunakan perhitungan berdasarkan data yang diterapkan di PT. PAL INODNESIA (persero) dalam menggunakan program ini terdapat beberapa langkah seperti memasukkan dimensi ruangan, iluminasi, dan luminasi dengan demikian akan dapat di ketahui luas ruangan dan jumlah lampu yang di butuhkan berdasarkan tipe lampu yang sudah dipilih. Program ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah lampu berdasarkan 2 class yaitu ABS dan BKI. Berdasarkan perhitungan program yang mengunakan 2 class dapat di ketahui ruangan yang mengunakan class ABS mempunyai jumlah lampu lebih banyak dibandingkan ruangan yang menggunakan class BKI. Program ini mempercepat perhitungan jumlah lampu dibandingkan perhitungan lampu mengunakan perhitungan secara manual.

Kata Kunci: Landing Platfrom Dock, class, Visual Basic.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

15-09-2022

How to Cite

Akhmad Fajar Ubaidillah, Urip Mudjiono, Rini Indarti, & Didik Sukoco. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN LAMPU SESUAI CLASS BKI DAN ABS PADA KAPAL LPD ( LANDING PLATFROM DOCK ). Jurnal 7 Samudra, 6(1). https://doi.org/10.54992/7samudra.v6i1.98