KEPENTINGAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN KEAHLIAN TENAGA PELAUT INDONESIA MENJADI LEBIH BERKUALITAS DALAM ERA INDUSTRI EMPAT (4.0)

https://doi.org/10.54992/7samudra.v4i2.69

Authors

Keywords:

Main Switch Board, Safety Device, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Kapal Perintis 2000 GT, Listrik

Abstract

Kegiatan transportasi merupakan salah satu penjuru globalisasi, yang berkorelasi signifikan dengan komunikasi, standar internasional, trade (niaga) dan liberalisasi sebagai dampak dari beberapa faktor, diantaranya pengaruh tekanan teknologi, ekonomi dan sosiokultural. Saat ini perkembangan armada peti kemas, akan beralih dari kapal yang berukuran 5000 TEU menjadi kapal peti kemas yang lebih besar ukurannya. Peralihan tersebut berupa peremajaan armada niaga atau kapal terkait usia teknis kapal dalam rangka mencapai tujuan keselamatan, keamanan dan pelayanan dunia pelayaran. Tujuan penulisan ini adalah memberikan gambaran pentingnya suatu perancangan Pengembangan Keahlian Tenaga Pelaut Laut Indonesia Menjadi Lebih Berkualitas Dalam Era Industri Empat (4.0). Guna mengantisipasi Revolusi Industri 4.0 seluruh komponen sektor yang terkait pembangunan, pengembangan dan pemanfaatan SDM mulai berkontribusi positif dalam mempersiapkan generasi angkatan kerja yang jujur, berdedikasi, berpotensi, kerjanyata, produktif dan kompetitif ditandai dengan multi digitalisasi dan otomasi. Pada dunia pendidikan tentunya kegiatan civitas akademika tidak lagi sebatas pada transfer of knowledge saja, tetapi bagaimana caranya menjawab pembentukan karakter dan watak generasi angkatan kerja Indonesia menjadi lebih baik, lebih beretika, lebih terampil, lebih profesional melalui pemanfaatan peluang era revolusi industri 4.0 dengan hasil akhir menjadikannya kader-kader pemimpin pekerja yang jujur dan ahli di bidangnya masing- masing. Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 diperlukan suatu kolaborasi pemikiran bahwa tenaga pelaut memiliki multi peran dalam mendukung terciptanya keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan maritim.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

08-11-2019

How to Cite

Nikson Sitompul, W. . (2019). KEPENTINGAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN KEAHLIAN TENAGA PELAUT INDONESIA MENJADI LEBIH BERKUALITAS DALAM ERA INDUSTRI EMPAT (4.0). Jurnal 7 Samudra, 4(2). https://doi.org/10.54992/7samudra.v4i2.69

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.