PENGGUNAAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMAHAMAAN MENDENGARKAN BAHASA INGGRIS MARITIM
Keywords:
Pemahaman mendengarkan, Strategi mendengarkan metakognitif, Bahasa Inggris maritimAbstract
Para pelaut terutama perwira kapal perlu untuk memiliki pemahaman mendengarkan yang baik supaya mampu untuk memahami berita atau pertanyaan yang diterima baik secara langsung atau bertatap muka maupun tidak langsung seperti misalnya berkomunikasi melalui radio, telepon, dan sebagainya sehingga mereka dapat memberikan respon atau jawaban yang cepat dan tepat untuk meminimalkan resiko kecelakaan di laut akibat kesalahpahaman berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Para taruna semester II ( dua) jurusan nautika yang sedang dididik untuk menjadi perwira kapal di Politeknik Pelayaran Surabaya menjadi populasi dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis strategi mendengarkan metakognitif pada pembelajaran bahasa Inggris maritim dan apakah ada hubungannya antara strategi mendengarkan metakognitif dengan pemahaman mendengarkan bahasa Inggris maritime mereka.
Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu: angket penggunaan strategi mendengarkan metakognitif adalah variabel bebas,dan hasil dari tes pemahaman mendengarkan adalah variabel terikat. Data diperoleh setelah taruna mengerjakan tes mendengarkan dalam bahasa Inggris maritim. Setelah iru mereka diminta untuk menjawab pertanyaan dari angket atau kuesioner tentang strategi rnetakognitif yang mereka gunakan pada saat tes mendengarkan. Kemudian data Dianalisis dengan menggunakan analisis regresi-korelasi, yaitu untuk mencari hubungan fungsional antara variabel dan untuk menentukan derajat korelasi antara kedua variabel tersebut.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian dan pembahasan data penelitian adalah jenis strategi metakognitif yang digunakan taruna pada saat mengerjakan tes mendengarkan bahasa Inggris Maritim adalah sernua jenis strategi dalam metakognitif antara lain perencanaan dan evaluasi, pemusatan perhatian, pengetahuan pribadi, cara menerjemahkan serta penyelesaian masalah. Sedangkan jenis strategi metakognitif yang paling dominan digunakan adalah perencanaan dan evaluasi serta pengetahuan pribadi. Kesimpulan akhir yaitu tcrdapat korelasi antara strategi metakognitif dengan pemahaman mendengarkan dalam bahasa Inggris maritim oleh para taruna meskipun hanya dua variabel yang dorninan yaitu perencanaan dan evaluasi serta pengetahuan pribadi. Dari hasil penelitian ini dapat diuyatakan bahwa keberhasilan pemahaman mendengarkan dalam bahasa Inggris maritim berhubungan dengan strategi metakognitif yang digunakan oleh para taruna meskipun hanya ada beberapa jenis strategi metakognitif yang dominan yaitu perencanaan dan evaluasi serta pengetahuan pribadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2016 Jurnal 7 Samudra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.