ANALISIS KECELAKAAN KERJA PADA SNAPBACK ZONE DI MT. SHINTA
Keywords:
Kecelakaan kerja, Snapback zone, Mooring OperationAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran awak akan pentingnya keselamatankerja yang menyebabkan kecelakaan kerja yang hampir terjadi pada MT. Shinta. Untuk menyikapihal tersebut, para peneliti melakukan penelitian tentang kecelakaan kerja yang terjadi di zona snapback pada MT. Shinta. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja di snapback zone di MT. SHINTA dan setelah mengetahui faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja, kita akan mengetahui upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan kerja di zona snapback di MT.Penelitian ini dilakukan di MT. Shinta dari Agustus 2021 hingga Agustus 2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan maksud memperoleh informasi untuk mengidentifikasi kecelakaan kerja di zona snapback pada kapal, selain itu dengan pendekatan kualitatif diharapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan operasi tambat dapat terungkap. Adapun manfaat penulisan karya ilmiah terapan ini, secara teoritis karya ilmiah terapan ini dapat dijadikan gambaran bagi pembaca tentang faktor- faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja di zona snapback dan upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan kerja di zona snapback, dan secara praktis karya ilmiah terapan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan diharapkan hasil tulisan ini dapat Dijadikan acuan perusahaan dalam memberikan informasi kepada petugas dan awak kapal yang sedang melakukan kegiatan operasi tambat untuk selalu waspada saat memasuki area zona snapback. Berdasarkan data yang diperoleh saat penelitian dilakukan di atas kapal, ditemukan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecelakaan di area snapback zone, yaitu berupa faktor manusia, faktor peralatan, faktor metode yang dilakukan secara tidak tepat dan tidak dilakukan dengan baik, sehingga hal-hal ini menyebabkan kecelakaan kerja saat melakukan pekerjaan di area snapback zone. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan memberikan edukasi kepada awak kapal tentang bahaya kecelakaan kerja yang ada di area zona snapback dan segera memberikan standar operasional prosedur perusahaan kepada awak kapal agar terlaksana dengan tertib dan benar, sedangkan crew harus segera membuat penanda di setiap area zona snapback agar seluruh kru yang bertugas di area tersebut Dapat mengetahui bahwa mereka memasuki area berbahaya.