PENGARUH MENURUNNYA TEMPERATUR GAS BUANG TERHADAP PERFORMA MESIN INDUK DI MV . TANTO PERMAI
Keywords:
Pompa Regulator Bahan Bakar, Mesin Induk, Deskriptif KualitatifAbstract
FERDY FIRJATULLAH RAMADHANI PUTRA,2022.Analis Menurunnya Performa Mesin Induk di Kapal MV. Tanto Permai dengan Metode RCA Karya Ilmiah Terapan,Politeknik Pelayaran Surabaya.Di bimbing oeh Bapak Mochammad Zainuddin, S.SiT, M.H, M.Mar.E. dan Bapak Drs. Teguh Pribadi,M.Si. QIA. Mesin Induk adalah Mesin penggerak utama. Penggerak utama untuk membangkitkan tenaga penggerak untuk mendorong Kapal. Penggerak utama dapat berupa mesin diesel dan mesin uap. Sebagai tenaga penggerak kapal,yang bertugas untuk menggerakkan propeller. Pada saat kapal berlayar terjadi kendala pada mesin induk ditandai dengan menurunnya temperature gas buang yang menyebabkan mesin induk tidak dapat bekerja secara normal. Bosch pump merupakan suatu pesawat bantu yang berada pada sistem bahan bakar mesin diesel.Metode yang digunakan merupakan desktif kualitatif, berdasarkan hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan dilakukan perawatan pada bosch pump sesuai dengan jam kerjanya bahwa penyebab menurunnya tekanan pada bosch pump yaitu tidak stabilnya temperature dari bahan bakar yang sering berubah-ubah tekanan steam dari boiler dan tingginya jam kerja bosch pump tersebut,sehingga menyebabkan turunnya tekanan temperature gas buang yang berdampak pada performa mesin induk.Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa perawatan pada bosch pump secara berkala perlu dilaksanakan dengan baik dan sesuai jadwal perawatan yang dibuat, sehingga dapat mengetahui permasalahan sedini mungkin ataupun bahkan dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar dan tidak diinginkan..