ANALISIS KURANG OPTIMALNYA KINERJA STARTING AIR VALVE PADA AWAL START MESIN INDUK DI KM. TANTO BERKAT
Keywords:
Mesin Induk, Starting Air ValveAbstract
Pada sebuah kapal terdapat mesin penggerak utama untuk olah gerak yang di perlukan ketika kapal melakukan pelayaran jauh dalam jangka waktu yang lama. Pada sebuah kapal terdapat mesin penggerak utama berupa mesin induk digunakan untuk olah gerak yang diperlukan ketika kapal melakukan pelayaran jauh dalam waktu yang lama. Mesin induk didalam kapal pengoperasiannya dibantu oleh pesawat bantu. Mesin induk didalam kapal adalah mesin berjenis mesin diesel. Mesin diesel bisa disebut juga motor pembakaran atau internal combustion engine, dimana prinsip kerjanya menggunakan tekanan kompresi udara. Udara merupakan salah satu penunjang untuk memulai beroperasinya mesin diesel, yang mana udara ialah langkah awal untuk menstart mesin beroperasi atau bisa disebut sebagai starting air. Ketika akan memulai beroperasinya mesin, sering juga terjadi permasalahan. Faktor kegagalan pada saat starting air yaitu udara bertekanan yang kurang dari 25 - 30 bar sehingga tidak dapat menekan piston pada awal start mesin diesel, lalu bisa juga terjadi permasalahan pada salah satu komponen pendukung yaitu starting air valve yang berfungsi sebagai tempat penyaluran instalasi udara bertekanan yang akan masuk kedalam silinder untuk menekan piston ke Titik Mati Bawah (TMB).