ANALISIS TEKANAN DAN TEMPERATUR UDARA PADA PROSES PEMBAKARAN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA TYPE MAK M 601 C PADA KAPAL KM LAMBELU
Keywords:
Motor Diesel, Mesin Utama, TurbochargeAbstract
Udara bilas adalah udara yang digunakan untuk pembilasan pembakaran mesin dalam sebagai penunjang berlangsungnya pembakaran sempurna. Tujuan penelitian karya ilmiah terapan ini adalah untuk menetauhi faktor yang mempengarui penurunan tekanan dan temperatur udara pada mesin induk di kapal KM LAMBELU dan dampak penurunan tekanan dan temperature udara terhadap mesin induk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode RCA (Root Cause Analysis), Root Cause Analysis (RCA) adalah suatu metode analisis terstruktur yang mengidentifikasi akar masalah dari suatu insiden, dan proses ini cukup kuat untuk mencegah terulangnya insiden yang sama.Hasil penelitian penyebab menurunya tekanan dan temperature udara diantaranya adalah kotornya filter pada Turbocharger, kotornya sea water side dan air side (udara masuk) Dampak yang terjadi terhadap mesin induk kapal apabila tekanan dan temperatur udara bilas turun adalah menurunnya rpm awalnya 912 r/min turun menjadi 760 r/min dan indicator putaran shaft propeller dari 90 r/min turun menjadi 78 r/min. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melakukan pengecekkan kepresisian rotor turbocharger dengan perawatan yang berkala.
diharapkan kepada masinis lebih mengintensifkan perawatan pada komponen tersebut