ANALISA KEBOCORAN POMPA HIDROLIK KEMUDI TIPE DZY – 25B TERHADAP KINERJA MESIN KEMUDI ELEKTRIK HIDROLIK DI KAPAL MV.TITANIUM DENGAN METODE HAZOP

Authors

  • Angga Pratama Efendi

Keywords:

mesin kemudi, mesin kemudi elektrik hidrolik, hazop

Abstract

Sebagai kendaraan yang bergerak diatas air, kapal perlu diarahkan ke tempat yang akan dituju. Oleh karena itu diberikan suatu peralatan yang dapat dipergunakan untuk memantapkan pergerakan kapal tersebut. Oleh karena itu perlu adanya alat yang dapat memantapkan arah dari kapal tersebut. Peralatan tersebut kemudian dinamakan sebagai mesin kemudi kapal (steering gear). Mesin kemudi pada kapal berfungsi sebagai tenaga penggerak untuk menggerakan rudder(daun kemudi) agar kapal dapat tetap terus lurus atau berbelok ke kanan maupun ke kiri. Pada kali ini penulis meneliti pada mesin kemudi elektrik hidrolik. Cara kerja dari sistem ini adalah saat setir di putar,sinyal akan masuk ke telemotor receiver dan di lanjutkan perintah ke selenoid valve untuk memerintahkan berbelok ke kanan atau ke kiri dari posisi netral. Kemudian, pompa mulai mengalirkan cairan oli hidrolik ke salah satu silinder agar dapat menggerakan piston dan menggerakan rudder ke kanan atau ke kiri. Tujuan penelitian ini untuk megetahui kerusakan apa saja yang di alami pada pompa dan mengetahui bahaya apa saja yang akan terjadi jika ada kerusakan pada pompa dan mengetahui bagaimana agar pompa dapat berjalan dengan optimal. Maka penulis menerapkan metode hazop dalam penelitian kali ini. Pada penelitian kali ini penulis menggunakan metode penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dengan pendekatan hazop. Hazop merupakan teknik kualitatif yang berdasarkan pada guide-words dimana pembelajaran Hazop untuk mengidentifikasi masalah risiko dan pengoperasian.

Downloads

Published

2023-10-30